Jumat, Oktober 18, 2024
BerandaOLAHRAGAPersib Bandung Gagal ke Semifinal Piala Presiden 2024, Setelah Kalah dari Persis...

Persib Bandung Gagal ke Semifinal Piala Presiden 2024, Setelah Kalah dari Persis Solo

LIPUTAN BANDUNG- Persib Bandung harus mengakui keunggulan Persis Solo dengan skor 0-1 pada pertandingan Grup A Piala Presiden 2024 yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis malam, 25 Juli 2024.

Gol tunggal Persis Solo dicetak oleh Ramadhan Sananta pada menit ke-18, yang memastikan langkah Persib terhenti di turnamen Piala Presiden 2024.

Dengan hasil ini, Persib gagal melaju ke semifinal Piala Presiden 2024 setelah hanya mengumpulkan 3 poin dari satu kemenangan dan dua kekalahan.

Baca Juga: Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin: BIJB Kertajati Berpotensi Jadi Bandara Haji dan Umrah

Sementara itu, Persis Solo dengan 4 poin berhak melaju ke semifinal Piala Presiden 2024 mendampingi Borneo FC yang mengoleksi 7 poin.

Pada pertandingan ini, pelatih Persib, Bojan Hodak, melakukan rotasi besar-besaran dalam susunan pemainnya.

Tanpa kehadiran David da Silva dan Ciro Alves, Hodak menurunkan Teja Paku Alam sebagai kiper, dengan pemain-pemain seperti Gustavo Franca, Kakang Rudianto, Henhen Herdiana, Edo Febriansah, Rachmat Irianto, Mateo Kocijan, Ryan Kurnia, Febri Hariyadi, Beckham Putra Nugraha, dan Dimas Drajad sebagai starter.

Pertandingan baru berjalan tiga menit ketika wasit sempat meninjau kemungkinan handsball oleh bek Persib di dalam kotak penalti. Namun, wasit memutuskan tidak ada pelanggaran yang dilakukan. Persib kemudian mencoba menekan, tetapi sejumlah upaya mereka tidak membuahkan hasil.

Baca Juga: Mau Test Drive di GIIAS 2024? Rasakan Pengalaman Bermanuver dengan Mobil Canggih, Begini Cara Daftarnya

Pada menit ke-13, gawang Persib terancam oleh tendangan Ricardo Lima dari Persis Solo, yang hanya meleset tipis di atas mistar gawang Teja. Lima menit kemudian, Persis berhasil mencetak gol melalui tendangan kaki kiri Ramadhan Sananta dari luar kotak penalti, membawa Persis unggul 1-0.

Tertinggal, Persib mencoba merespons. Namun, serangan yang dilakukan oleh Beckham Putra Nugraha dan rekan-rekannya belum membuahkan hasil. Pada menit ke-23, tendangan jarak dekat Dimas masih bisa diselamatkan oleh kiper Persis, Muhammad Riyandi.

Menit ke-29, Febri Hariyadi mendapatkan kesempatan untuk membobol gawang Persis, tetapi tendangan kaki kanannya dari dalam kotak penalti membentur pemain belakang Persis dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Selepas cooling break, Beckham kembali mencoba peruntungannya dengan tendangan dari luar kotak penalti yang masih meleset tipis di atas gawang Persis.

Pada menit ke-37, Persib harus kehilangan Febri karena cedera yang dialaminya saat melakukan akselerasi di depan gawang Persis. Febri digantikan oleh David da Silva pada menit ke-40. Persib melanjutkan upayanya dengan peluang melalui tandukan David da Silva pada menit ke-43 yang masih bisa ditepis Riyandi. Hingga turun minum, Persib tetap tertinggal 0-1.

Memasuki babak kedua, Hodak memasukkan tiga pemain baru yaitu Victor Igbonefo, Tyronne Del Pino Ramos, dan Ciro Alves menggantikan Kakang Rudianto, Dimas Drajad, dan Ryan Kurnia. Persib mencoba mengendalikan permainan, tetapi Persis mampu meredam serangan mereka.

Pada menit ke-54, Beckham mengalami cedera dan digantikan oleh Ferdiansyah. Dua menit kemudian, Ciro Alves melakukan percobaan pertama dengan tendangan dari luar kotak penalti yang masih bisa diantisipasi oleh Riyandi. Bola rebound juga gagal disambar oleh David da Silva. Menit ke-64, Ferdiansyah melakukan upaya positif dengan menusuk pertahanan Persis, tetapi tendangan kaki kirinya masih menyamping di sisi kiri gawang.

Pada menit ke-70, tendangan Ciro Alves masih lemah dan mudah diantisipasi Riyandi. Menit ke-74, tendangan menyusur tanah dari Ciro Alves sudah berhasil melewati kiper Persis, namun pemain belakang Persis masih bisa menyelamatkan gawang mereka dari kebobolan.

Persib terus berjuang untuk mencetak gol penyeimbang. Upaya tetap buntu, Hodak menarik Edo Febriansah, Rachmat Irianto, dan Mateo Kocijan untuk digantikan oleh Rezaldi Hehanussa, Dedi Kusnandar, dan Muhammad Adzikry. Pada waktu tambahan tujuh menit, Persib mendapatkan peluang melalui tandukan Gustavo Franca, tetapi masih bisa diselamatkan oleh Riyandi. Hingga laga usai, skor tetap 0-1 untuk kemenangan Persis Solo.

**Susunan Pemain Persib:**
Teja Paku Alam (kiper), Gustavo Franca, Kakang Rudianto/Victor Igbonefo (46′), Henhen Herdiana, Edo Febriansah/Rezaldi Hehanussa (88′); Rachmat Irianto/Dedi Kusnandar (88′), Mateo Kocijan/Muhammad Adzikry (88′); Ryan Kurnia/77-Ciro Alves (46′), Febri Hariyadi/David da Silva (40′), Beckham Putra Nugraha/Ferdiansyah (54′); Dimas Drajad/Tyronne Del Pino Ramos (46′).

RELATED ARTICLES

Most Popular