Kamis, September 19, 2024
BerandaBANDUNG RAYABREAKING NEWS! Gempa Bumi Magnitudo 5.0 Guncang Bandung, Waspadai Guncangan Susulan

BREAKING NEWS! Gempa Bumi Magnitudo 5.0 Guncang Bandung, Waspadai Guncangan Susulan

LIPUTAN BANDUNG- – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5.0 mengguncang wilayah Bandung dan sekitarnya pada Rabu pagi (18/9/2024) pukul 09.41 WIB.

Gempa bumi ini terjadi di lokasi 24 kilometer tenggara Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dengan titik koordinat 7.19 LS dan 107.67 BT serta kedalaman mencapai 10 kilometer di bawah permukaan laut.

Meski gempa ini dirasakan di sejumlah wilayah, BMKG memastikan bahwa gempa bumi tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Waspada Gempa Susulan

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap kemungkinan terjadinya gempa susulan.

Meskipun gempa utama tidak memicu tsunami, guncangan susulan bisa saja terjadi dengan intensitas yang lebih rendah namun tetap perlu diwaspadai, terutama bagi warga yang berada dekat dengan episentrum gempa.

Hingga saat ini, belum ada laporan resmi mengenai kerusakan infrastruktur atau korban jiwa akibat peristiwa ini.

Pihak berwenang juga terus memantau perkembangan situasi dan memastikan keselamatan warga.

Arahan BMKG untuk Masyarakat

Dalam kondisi seperti ini, BMKG menyarankan agar masyarakat tetap tenang dan tidak mudah terpancing oleh informasi yang belum terverifikasi.

Pastikan selalu mendapatkan informasi resmi dari BMKG dan pihak berwenang terkait untuk penanganan lebih lanjut.

Jika terjadi gempa susulan, segera mencari tempat yang aman dan menjauhi bangunan tinggi atau benda-benda yang berpotensi runtuh.

Untuk informasi lebih lanjut terkait perkembangan gempa dan kemungkinan gempa susulan, masyarakat dapat memantau informasi resmi yang dikeluarkan oleh BMKG.

Pemutakhiran terakhir informasi gempa bumi ini dilakukan pada pukul 09.43 WIB, hanya beberapa menit setelah kejadian, menunjukkan respons cepat dari BMKG dalam memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat.

Tetap waspada dan utamakan keselamatan diri serta keluarga dalam menghadapi bencana alam seperti gempa bumi.

RELATED ARTICLES

Most Popular