Selasa, Mei 28, 2024
BerandaOTOMOTIF4 Cara Atasi Kaca Helm Ngembun Saat Musim Hujan

4 Cara Atasi Kaca Helm Ngembun Saat Musim Hujan

LIPUTAN BANDUNG-Berkendara sepeda motor di jalan raya wajib menggunakan helm sebagai perangkat keselamatan berkendara. Helm memiliki fungsi untuk melindungi seluruh bagian kepala dari benturan ketika mengalami kecelakaan. Namun harus diperhatikan, helm juga harus memiliki visibilitas yang baik saat digunakan, agar tidak mengganggu pandangan dan konsentrasi saat berkendara.

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma mengatakan, “Kendala yang sering dialami pengendara ketika menggunakan helm adalah kaca helm yang mengembun terutama saat berkendara dalam kondisi hujan. Penyebabnya adalah karena perbedaan suhu dimana hujan yang menyebabkan suhu diluar helm yang dingin, sedangkan di dalam helm lebih hangat apalagi ditambah dengan hembusan nafas dari pengendara.”

Akibatnya embun yang menempel pada helm menyebabkan pandangan terganggu, jika dibiarkan maka bisa berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Baca Juga: Suzuki Luncurkan All New Ertiga Hybrid Cruise di IIMS 2024, Inilah Harga dan Spesifikasinya

Lantas bagaimana cara mengatasi kaca helm yang mengembun saat digunakan berkendara di musim hujan. Berikut diantaranya :

1. Buka kaca helm
Cara pertama merupakan cara yang paling mudah. Kaca helm diharuskan untuk tertutup rapat saat digunakan. Tapi jika dalam kondisi tertentu seperti munculnya embun yang menempel pada kaca helm, pengendara bisa membuka kaca helm. Tujuannya agar sirkulasi udara menjadi lebih lancar, dan udara panas di dalam helm bisa keluar dan menghilangkan embun.

Jika hujan turun cukup deras, pengendara cukup membuka setengah bagian kaca helm saja, agar air hujan yang turun masih bisa terlindungi dengan kaca helm.

2. Gunakan spray anti fog
Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan spray anti fog. Penggunanya cukup menyemprotkan cairan ini ke permukaan helm itu karena formula yang terdapat pada spray tersebut membuat butiran air atau embun tidak menempel pada kaca.

Namun cara ini tidak efektif dalam jangka panjang, karena sifat cairannya yang tidak permanen sehingga harus digunakan secara rutin saat diperlukan.

3. Pasang pinlock
Dan cara yang paling efektif adalah dengan menambahkan aksesoris berupa Pinlock. Komponen ini dipasang dengan cara ditempel pada bagian dalam kaca helm, elemen tersebut memiliki fungsi untuk menyerap air dan embun sehingga tidak mudah menempel pada bagian dalam kaca helm.

4. Gunakan masker
Cara lainnya bisa juga menggunakan masker. Namun harus diperhatikan masker yang digunakan tidak mengganggu sirkulasi udara ketika bernafas. Saat ini terdapat produk masker anti fog yang khusus dibuat untuk berkendara. Tentunya selain untuk melindungi kesehatan dan debu, juga bisa menghindari kaca helm yang mengembun saat digunakan berkendara di musim hujan.

Selain kaca helm mengembun, kendala yang sering terdapat pada helm adalah kaca helm yang kotor, retak atau bocor. Sama seperti layaknya embun yang menempel pada kaca, kondisi kerusakan tersebut bisa berpotensi mengganggu visibilitas dan konsentrasi saat berkendara. Untuk itu selalu cek dan periksa kondisi helm sebelum melakukan aktivitas berkendara. Gunakan selalu helm dalam kondisi baik dan prima agar selalu #Cari_Aman saat berkendara.

RELATED ARTICLES

Most Popular