Sabtu, Juni 15, 2024
BerandaBANDUNG RAYAKolaborasi Alfamart dan Bank Sampah Nuri Mandalajati Bandung Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

Kolaborasi Alfamart dan Bank Sampah Nuri Mandalajati Bandung Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

LIPUTAN BANDUNG– Kolaborasi Alfamart dan Bank Sampah Nuri Mandalajati Bandung ajak masyarakat peduli lingkungan.

Sudah bukan rahasia lagi jika sampah memiliki nilai rupiah jika dikelola dengan baik. Salah satu aktivitas yang dapat membuat sampah bernilai adalah dengan menabung di Bank Sampah. Bank Sampah Nuri 03 merupakan salah satu bank sampah unit yang aktif mengajak warga untuk memilah sampah dan menabung.

Menurut Heni (40 thn) Ketua Bank Sampah Nuri 03, hingga tahun 2024 tercatat sebanyak 110 warga telah bergabung dengan bank sampah yang berlokasi di RW 03 Kel.Padasuka, Kec.Mandalajati Kota Bandung.

Baca Juga: Perceraian Tinggi di Jawa Barat, Inilah Langkah Kementerian Agama Menekan Angka Perceraian

“Awalnya kami mengajak warga memilah sampah, lalu sampah disetorkan dapat dijadikan saldo tabungan yang bernilai rupiah. Kami melayani warga penyetoran sampah setiap hari Selasa,” jelas Heni.

Tabungan sampah yang rutin disetorkan ternyata dapat memberikan banyak manfaat bagi nasabahnya. “Tabungan sampah ini ternyata bisa memberikan banyak manfaat bagi para nasabah, diantaranya bisa menambah biaya kebutuhan harian, menambah biaya sekolah atau untuk kebutuhan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri,” tambahnya.

Pada Agustus 2023 Bank Sampah Nuri 03 terpilih menjadi salah satu komunitas penggiat lingkungan hidup yang menjadi mitra Program Kampung Alfamart Sahabat Bumi yang merupakan program kepedulian lingkungan hidup minimarket Alfamart.

Baca Juga: Jelang Idul Adha 1445 H, Rumah Zakat Luncurkan Hebat Berqurban

Heni mengatakan dengan dukungan Alfamart, Bank Sampah Nuri 03 dapat melaksanakan pelatihan pemberdayaan masyarakat, diantaranya pelatihan penanaman tanaman produktif di lahan sempit dan pelatihan pengolahan kantong plastik.

“Salah satu kegiatan pelatihan yang dilakukan yakni mengolah kantong plastik menjadi bahan setengah jadi untuk industri fashion berbasis lingkungan hidup. Dimana kantong plastik diproses agar bisa diolah menjadi dompet, tas, buku agenda yang bernilai jual,” Heni menambahkan.

Regional Corporate Communication Alfamart Budi Santoso mengatakan Program Kampung Alfamart Sahabat Bumi merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) di Bidang Lingkungan Hidup yang dijalankan berkelanjutan. “Jadi program ini tujuannya agar komunitas bank sampah dapat berkembang dan memiliki dampak baik dari sisi ekonomi maupun sosial terhadap sekitarnya,” jelasnya.

Budi menuturkan melalui beragam program yang dijalankan, salah satunya bersama Bank Sampah Nuri 03 dapat membantu agar kehadiran bank sampah memberikan dampak positif yang nyata. “Program Kampung Alfamart ini berkelanjutan, artinya akan banyak kegiatan turunan yang dijalankan berkesinambungan sehingga diharapkan komunitas bank sampah berdaya dan memberikan manfaat bagi sekitar,” terang Budi.

Menurutnya untuk mengedukasi masyarakat agar sadar akan pentingnya pemilahan sampah membutuhkan banyak upaya. “Melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, salah satunya Alfamart dapat membantu Bank Sampah untuk menjalankan banyak kegiatan untuk sosialisasi, agar semakin banyak masyarakat yang tahu cara menabung di bank sampah,” jelasnya.

RELATED ARTICLES

Most Popular