Kamis, Mei 30, 2024
BerandaEDUKASIMahasiswa Program International Bisnis SBM ITB Berpartisipasi sebagai Exhibitor pada Pameran Food...

Mahasiswa Program International Bisnis SBM ITB Berpartisipasi sebagai Exhibitor pada Pameran Food Beverage Indonesia 2024

LIPUTAN BANDUNG– 120 mahasiswa Program International Bisnis dari Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) yang merupakan peserta mata kuliah Integrated Business in Asia 2 (IBA 2) menjadi exhibitor (peserta pameran) pada Food Beverage Indonesia 2024. Acara tersebut diselenggarakan pada tanggal 8 hingga 11 Mei 2024 bertempat di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta Utara. Pameran ini merupakan puncak kegiatan dari rangkaian pembelajaran di matakuliah IBA 2

Keikutsertaan mahasiswa dalam pameran ini merupakan bagian dari komitmen SBM ITB untuk mendukung pengembangan kewirausahaan dan inovasi di kalangan mahasiswanya. Program Internasional Bisnis memiliki mata kuliah inti yaitu IBA 1 dan IBA 2. Pada mata kuliah IBA 1, mahasiswa merancang strategi bisnis dalam bentuk proposal bisnis. Dalam proposal tersebut mahasiswa memasukan strategi pemasaran yang terdiri dari pengembangan konten sosial media, e-commerce dan pameran tingkat internasional. Tujuan dari strategi pemasaran tersebut yaitu mahasiswa melakukan eksposur terhadap produk yang akan mereka jual keluar negeri dengan harapan pembeli mengetahui produk mereka. Sedangkan pada IBA 2, mahasiswa belajar perdagangan internasional yang dimulai dari pengaruh lingkungan bisnis global dan Asia kepada Peraturan Perdagangan Multilateral / World Trade Organization (WTO), Bilateral (Regional, diantaranya Asia), Global Value Chain yang melibatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Jawa Barat ke jaringan Perdagangan Global. Pada kuliah IBA 2, mahasiswa berperan sebagai manajer trading house dari produk-produk unggulan untuk dicoba ditawarkan ke mancanegara.

Produk-produk yang dipasarkan oleh mahasiswa ini merupakan hasil binaan dari Kelompok Keahlian Strategi Bisnis dan Pemasaran SBM ITB melalui platform digital Ecobiz.id (d/h ecobiz.sbm.itb.ac.id) yang dipelopori oleh Dr. Ir. Mustika Sufiati, M.Sc. Platform Ecobid.id merupakan platform online untuk menghubungkan berbagai pelaku(stakeholder) untuk bersama-sama membangun ekosistem bisnis lokal. Platform Digital, Ecobiz.id digunakan sebagai Media Komunikasi dan meningkatkan mutu UMKM.
Mahasiswa-mahasiswa tersebut belajar membina hubungan dengan pemasok pemasok melalui media dan juga berkunjung dengan pemasok-pemasok di daerah pertanian dan perkebunan di Jawa Barat.

Baca Juga: SBM ITB dan Singapore Management University Kunjungi PT KAI dan Mencoba Kereta Cepat Whoosh

“Kami sangat bangga dengan para mahasiswa yang akan berpartisipasi dalam pameran ini,” kata Dr. Ir. Mustika Sufiati, M.Sc., Koordinator Mata Kuliah IBA 2. “Ini adalah kesempatan yang luar biasa bagi mereka untuk menunjukkan bakat dan potensi mereka kepada dunia. Kami yakin bahwa mereka akan mampu membuat kesan yang positif dan membawa pulang banyak pengalaman berharga dari pameran ini dan kelak akan menjadi bekal untuk dunia kerja yang akan mereka hadapi.”

Kegiatan pemasaran dilakukan dalam rangka melatih mahasiswa dalam membuat brand recognition mengenai produk yang mereka sudah rancang dengan supplier. Berikut ini bentuk kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh mahasiswa: merancang sosial media, merancang packaging, bergabung dalam marketplace, dan berpartisipasi dalam pameran internasional. Kegiatan pemasaran tersebut membutuhkan biaya dalam pelaksanaannya. Para mahasiswa juga melakukan tes pasar di pasar internasional, membina hubungan dengan pembeli potensial di luar negeri, menganalisis pasar luar negeri, dan mem­buat rencana ekspor.

Sebagai mahasiswa program Kelas Internasional Bisnis yang akan tinggal di luar negeri selama 1 tahun. Mudah-mudahan mereka akan memilih karir International Trader di masa datang setelah dibekali ilmunya dan mempunyai hubungan ke pemasok-pemasok UMKM dan juga pasar luar negeri. Selain itu mereka dapat mempraktekkan test market dan mengadaptasi produk sesuai selera pasar, dilengkapi wadah Platform Digital Ecobiz.id sebagai media Knowledge Sharing

RELATED ARTICLES

Most Popular