Sabtu, Juni 15, 2024
BerandaEDUKASISembilan Dosen ARS University Dapatkan Pendanaan Hibah Penelitian

Sembilan Dosen ARS University Dapatkan Pendanaan Hibah Penelitian

LIPUTAN BANDUNG-Senin 10 Juni 2024 merupakan momentum yang membahagiakan sekaligus membanggakan di raih setidaknya oleh sembilan orang dosen ARS University. Sembilan dosen tersebut dinyatakan lolos pendanaan Program Penelitian Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Masyarakat, yang mengelola kegiatan penelitian melalui sistem Bima tahun anggaran 2024.

Hal ini menjadi prestasi yang membanggakan bagi kampus ARS University sekaligus menunjukkan adanya peningkatan prestasi dari dosen-dosen ARS University.

Pada tahun 2023 hanya empat proposal penelitian dosen ARS University yang lolos pendanaan dengan program serupa melalui skema penelitian dosen pemula regular (PDP reguler).

Baca Juga: Ikom Universitas Pamulang Gelar PKM Sosialisasi Budaya Organisasi untuk Membangun Citra Masyarakat di Kelurahan Pakulonan Serpong Tangerang Selatan

Sedangkan untuk tahun 2024 raihan dosen ARS University meningkat yakni ada sembilan proposal penelitian yang dinyatakan berhak mendapatkan bantuan pendanaan penelitian dengan tiga skema yang berbeda, diantaranya skema penelitian fundamental regular (PFR), skema penelitian dosen pemula regular (PDP reguler), dan skema penelitian dasar kompetitif nasional (PKDN) yang dimana secara resmi telah diumukan pada tanggal 31 Mei 2024.

Sembilan orang dosen tersebut diataranya Dr. Dasrun Hidayat, M.I.Kom; Toni Arifin, M.Kom; Rizal Rachman, M.Kom; Sari Susanti, M.Kom yang lolos pada skema penelitian fundamental reguler. Gartika Rahmasari, M.Hum yang lolos pada skema penelitian kerjasama dalam negeri, dan Ignatius Wiseto, P.hD; Dinar Dina Karamani, M.I.Kom; Yanisa Zahra, M.Ak; dan Yosef Abdul Ghani, M.M yang lolos pada skema penelitian dosen pemula reguler.

Sari Susanti selaku Ketua LPPM dalam siaran persnya mengemukakan bahwa hal ini merupakan prestasi yang cukup membanggakan bagi civitas akademika ARS University, karena pada tahun-tahun sebelumnya belum ada dosen yang mendapatkan skema pendanaan Fundamental dan Penelitian Kerjasama dalam Negeri, namun untuk tahun ini ada beberapa dosen yang lolos pada dua skema tersebut.

Baca Juga: SBM ITB Bekerja Sama dengan 11 Mitra untuk Berikan Dampak Sosial yang Lebih Luas

Tentu hasil ini buah dari kesabaran, kerja keras dan perjuangan para dosen yang secara konsisten mengikuti pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh LPPM selaku pengelola riset ARS University dan peran penting dari ARS Digital Research and Inovation (ADRI) yang secara aktif juga membantu LPPM dalam meningkatkan kualitas penelitian dosen serta secara konsisten mengikut sertakan mahasiswa dalam penelitian yang dilakukan agar mahasiswa mampu mengimplementasikan ilmunya dengan kolaborasi penelitian bersama dosen.

Kedepannya kami berharap semakin banyak proposal penelitian dosen yang lolos pendanaan pada tahun berikutnya, dan ini menjadi salah satu upaya untuk mewujudkan ARS University yang kuat, mandiri dan unggul.

RELATED ARTICLES

Most Popular