Sabtu, Juni 15, 2024
BerandaEDUKASIIkom Universitas Pamulang Gelar PKM Sosialisasi Budaya Organisasi untuk Membangun Citra Masyarakat...

Ikom Universitas Pamulang Gelar PKM Sosialisasi Budaya Organisasi untuk Membangun Citra Masyarakat di Kelurahan Pakulonan Serpong Tangerang Selatan

LIPUTAN BANDUNG– Universitas Pamulang melalui Program Studi Ilmu Komunikasi menyelenggarakan acara Pengabdian Kepada Masyarakat Pada hari Selasa, 4 Juni 2024, di kelurahan Pakulonan, kecamatan Serpong Utara, kota Tangerang Selatan.

Acara Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang melalui Program Studi Ilmu Komunikasi di kelurahan Pakulonan, kecamatan Serpong Utara, kota Tangerang Selatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya mengenal budaya organisasi dalam upaya membangun citra usaha masyarakat.

Tema utama acara pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang ini adalah “Sosialisasi Pentingnya Mengenal Budaya Organisasi untuk Membangun Citra Usaha Masyarakat”.

Melalui tema ini, diharapkan masyarakat dapat memahami peran budaya organisasi dalam pembangunan sosial dan ekonomi di tingkat lokal. Budaya organisasi memiliki dampak yang signifikan dalam membentuk identitas, nilai, dan perilaku anggota organisasi serta masyarakat secara luas.

Baca Juga: SBM ITB Bekerja Sama dengan 11 Mitra untuk Berikan Dampak Sosial yang Lebih Luas

Acara Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang melalui Program Studi Ilmu Komunikasi di kelurahan Pakulonan, kecamatan Serpong Utara, kota Tangerang Selatan ini
ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Lurah Pakulonan , Sekretaris Lurah, serta para kader PKK.

Acara diselenggarakan di ruang serbaguna Kelurahan Pakulonan.

Tampak ibu-ibu para kader PKK dengan seragam hijau toscanya sudah memenuhi ruangan . Kolaborasi antara universitas, pemerintah lokal, dan organisasi masyarakat menjadi landasan penting dalam upaya meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan pentingnya budaya organisasi.

Baca Juga: Mahasiswa Program International Bisnis SBM ITB Berpartisipasi sebagai Exhibitor pada Pameran Food Beverage Indonesia 2024

Acara ini dirancang sebagai forum interaktif yang melibatkan Narasumber dan peserta , melalui :

1.Pemaparan Konsep Budaya Organisasi: Dosen Prodi Ilmu Komunikasi menyampaikan pemahaman dasar tentang budaya organisasi, termasuk nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dan bagaimana budaya organisasi dapat memengaruhi kinerja dan citra sebuah usaha.

2.Sharing Ilmu Tema PKM: Peserta diajak untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan terkait Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang telah dilakukan oleh Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Pamulang. Seperti : Strategi Komunikasi Dalam Meningkatkan Usaha Masyarakat, Optimalisasi Sosial Media dalam Meningkatkan Branding UMKM. Hal ini bertujuan untuk menginspirasi dan memberikan contoh nyata tentang bagaimana pengabdian masyarakat dapat memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat.

Baca Juga: Unpad Tourism Fest Kembali Hadir Bertemakan ‘Untuk Bumi, Kita dan Indonesia, Catat Tanggalnya

3. Diskusi dan Tanya Jawab: Peserta diajak untuk berdiskusi aktif dan bertanya tentang topik yang telah disampaikan. Diskusi ini menjadi momentum bagi para peserta untuk berbagi pemikiran, ide, dan pengalaman mereka sendiri terkait tema acara. Pertanyaan mengenai bagaimana membangun komunikasi yang efektif, bagaimana strategi mengembangkan usaha yang belum maju.

Melalui acara ini, diharapkan masyarakat dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang peran budaya organisasi dalam membangun citra usaha masyarakat.

Diharapkan juga bahwa kerjasama antara universitas, pemerintah lokal, dan organisasi masyarakat dapat terus ditingkatkan untuk menciptakan dampak positif yang lebih besar bagi pembangunan sosial dan ekonomi di tingkat lokal.

Pengabdian Kepada Masyarakat seperti ini menunjukkan komitmen Universitas Pamulang untuk berkontribusi secara nyata dalam pembangunan masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki.

Semoga acara ini menjadi awal yang baik bagi upaya-upaya pengabdian yang lebih luas dan berkelanjutan di masa depan.

Dalam menjalankan fungsi Tridharma Perguruan Tinggi maka sebagai seorang dosen berkewajiban melaksanakan, pengajaran , penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Baca Juga: SBM ITB dan Singapore Management University Kunjungi PT KAI dan Mencoba Kereta Cepat Whoosh

Melalui Tri Dharma, setiap dosen akan memiliki semangat tinggi untuk mengupgrade ilmu pengetahuan yang dimiliki. Supaya implementasi dari Tri Dharma tersebut bisa terus memenuhi tuntutan zaman.

Dosen pun kemudian bisa ikut berkembang dengan kekayaan ilmu yang dimilikinya selama menekuni profesi dosen

Penulis : Rini Dianti Fauzi, S.IP.,M.Ikom
Dosen Prodi Ilmu Komunikasi
Universitas Pamulang

RELATED ARTICLES

Most Popular