Kamis, Mei 30, 2024
BerandaEDUKASI83 Mahasiswa Peroleh Beasiswa dari UPZ Baznas Unpad

83 Mahasiswa Peroleh Beasiswa dari UPZ Baznas Unpad

LIPUTAN BANDUNG– Pada tanggal 16 April 2024, sebanyak 83 mahasiswa dari Universitas Padjadjaran (Unpad) diberikan beasiswa Smart Scholarship 2024 oleh Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas Unpad.

Penyerahan beasiswa ini secara simbolis berlangsung di Taman Bale Rumawat Unpad, yang berlokasi di Jalan Dipati Ukur No.35, Bandung. Kepala UPZ Baznas Unpad, Dr. Hazbini, M.Ag., menjelaskan bahwa sumber dana untuk beasiswa ini berasal dari zakat yang terkumpul dari warga Unpad melalui UPZ Baznas Unpad.

Hazbini menekankan bahwa beasiswa ini ditujukan untuk mendukung mahasiswa Unpad, terutama mereka yang berada dalam kondisi kurang mampu. Program beasiswa ini mencakup bantuan untuk biaya hidup, uang saku, dan biaya UKT selama satu semester.

Baca Juga: Unpad Terima 2.636 Calon Mahasiswa Baru dari Jalur SNBP

Mahasiswa yang diprioritaskan sebagai penerima program beasiswa ini adalah mereka yang direkomendasikan oleh program studi, fakultas, atau universitas dan berasal dari keluarga tidak mampu.

Selain itu, mahasiswa juga memiliki kesempatan untuk mengajukan diri sebagai penerima beasiswa dengan mengumpulkan berkas persyaratan yang dibutuhkan. Proses seleksi calon penerima beasiswa meliputi tahap seleksi administrasi, wawancara, FGD (Focus Group Discussion), dan pengumuman penerima beasiswa.

Beberapa persyaratan utama yang harus dipenuhi oleh calon penerima beasiswa termasuk menjadi mahasiswa aktif, beragama Islam, memiliki IPK minimal 3.00, berasal dari keluarga tidak mampu yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), dan berkomitmen untuk menjadi relawan UPZ.

Program beasiswa ini tidak hanya bertujuan untuk membantu mahasiswa kurang mampu dalam melanjutkan pendidikan mereka, tetapi juga untuk meningkatkan jumlah muzaki di lingkungan Unpad. Hazbini berharap bahwa beasiswa ini dapat memberikan kesempatan yang lebih luas bagi mahasiswa kurang mampu untuk menyelesaikan pendidikan mereka tanpa hambatan finansial.

RELATED ARTICLES

Most Popular