Kamis, Mei 30, 2024
BerandaJAWA BARATCycling de Jabar 2024 Kembali Digelar Membawa Tema 'Sumanget Jawara', dengan Semangat...

Cycling de Jabar 2024 Kembali Digelar Membawa Tema ‘Sumanget Jawara’, dengan Semangat Juara Angkat Potensi Daerah Jawa Barat

LIPUTAN BANDUNG– Cycling de Jabar 2024, event kolaborasi Harian Kompas dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan kembali digelar pada tanggal 25 Mei 2024 mendatang.

Peluncuran dan konferensi pers dalam rangka Cycling de Jabar 2024 digelar di Gedung Sate, Kamis 14 Maret 2024.

Cycling de Jabar menjadi kegiatan untuk memanggungkan potensi Jawa Barat melalui aktivitas bersepeda. Setelah 2 tahun lalu telah sukses dengan tema Nyebarkeun Sumanget dan Nyambungkeun Sumanget di Jawa Barat, Cycling de Jabar 2024 kini mengusung tema Sumanget Jawara untuk menanamkan semangat juara bagi para pesepeda dan masyarakat Jawa Barat.

Baca Juga: PT Len Industri (Persero) Kembali Raih 2 Penghargaan dalam Ajang Anugerah BUMN Awards ke-13

Selain menjadi semangat bagi para pesepeda, ‘Sumanget Jawara’ juga diharapkan akanmembawa dampak positif dalam mempengaruhi perkembangan sektor ekonomi dan pariwisata kedepannya.

Selain itu, kegiatan Cycling de Jabar 2024 diselenggarakan untuk memperkuat sinergi antar sektor sebagai salah satu ekosistem dan penggerak percepatan pembangunan daerah Jawa Barat. Hadir dalam peluncuran dan konferensi pers Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas(Kompas.id) Adi Prinantyo, Pj Gubernur Jawa Barat Bey T Machmudin, dan Kadispora ProvinsiJawa Barat Asep Sukmana.

Kegiatan press conference dihadiri sekitar 100 peserta yang diikutioleh para awak media dan pesepeda yang antusias menyambut event olahraga sepeda yangjuga memanggungkan potensi Jawa Barat tersebut.

Baca Juga: Perkuat Kesehatan Global : Bio Farma Sediakan 10 Juta Dosis Vaksin Polio untuk Afghanistan

PJ Gubernur Jawa Barat Bey T Machmudin mengatakan, Pemprov Jawa Barat mendukungpenuh kegiatan Cycling de Jabar 2024.

“Kita melihat adanya potensi perkembangan industriwisata di Jawa Barat selain Jawa Barat selatan, terutama adanya fasilitas-fasilitas yang memudahkan hadirnya wisatawan wisatawan serta dapat membantu ekosistem ekonomiwilayah sekitar.”

Sebagai salah satu bentuk pengembangan pariwisata Jawa Barat adalahdengan mendukung beberapa fasilitas yang memudahkan wisatawan untuk berkunjung, salahsatu nya adalah pengembangan fasilitas wilayah Bandara Internasional Kertajati yang mulai beroperasi penuh pada 29 Oktober 2023 lalu.

Senada dengan Pj Gubernur Jawa Barat, Kadispora Provinsi Jawa Barat Asep Sukmana juga menegaskan harapan terhadap event Cycling de Jabar, agar dapat memanggungkan potensi atlet-atlet di tingkat nasional dan internasional untuk menaklukan rute Jawa Barat yang dikenalindah dan menantang.

Selain itu, Kadispora Jabar juga berharap penyelenggaraan event Cyclingde Jabar 2024 dapat memiliki dampak lain yang positif bagi Jawa Barat.

Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas (Kompas.id) Adi Prinantyo mengatakan, Diangkatnya tema ‘Sumanget Jawara’ sebagai bentuk gerakan masyarakat bersama para cyclist dalam membawa semangat layaknya sang juara untuk memajukan pariwisata daerah Jawa Barat dengan harapan mulai menginspirasi daerah Jawa Barat lainnya untuk lebih memajukan daerah.

Baca Juga: Selama Ramadan dan Idulfitri Dilakukan Penyesuaian Jam Operasional TPK Sarimukti

Adi Prinantyo menjelaskan, Cycling de Jabar 2024 hadir dengan tiga kategori podiumrace yang ada dalam program Jabar Challenge. Yaitu kategori KOM, QOM, Intermediate Sprint,dan Stage. Adi juga menambahkan bahwa pada tahun ini Cycling de Jabar 2024 akan membawa pembaruan pada rute, yaitu dari Cirebon ke Pangandaran.

Pada event terdahulu, para peserta memuji penyelenggaraan event yang berjalan rapidan terorganisasi dengan baik sehingga menjadi salah satu event sepeda yang ditunggu tunggu untuk hadir kembali.

Selain itu, dampak ekonomi penyelenggaraan Cycling de Jabar juga dirasakan oleh para pelaku UMKM yang berada disekitar lokasi penyelenggaraan.

Sepertiga responden menyatakan bahwa pendapatannya meningkat hingga 20 persen dengan adanya Cycling de Jabar.Guna mendukung keberlangsungan acara Cycling de Jabar, turut pula diselenggarakan kegiatan Coffee Ride sebagai salah satu rangkaian acara menuju penyelenggaraan acara Cyclingde Jabar pada tanggal 25 Mei 2024 mendatang.

Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan lebih jauh lagi mengenai event Cycling de Jabar 2024 kepada para komunitas yang mengikuti acara tersebut, serta sebagai wadah untuk berinteraksi sesama pesepeda.

Ayo kobarkan Sumanget Jawara di Cycling de Jabar 2024. Informasi perihal pendaftarandan informasi lain dapat dilakukan melalui website https://cyclingdejabar.kompas.id/Untuk Informasi Lebih Lanjut:Instagram: @cyclingdejabar

RELATED ARTICLES

Most Popular