Selasa, Juli 23, 2024
BerandaNASIONALWarga Banjarsari Lakukan Aksi Bersih Pantai dan Gerak Jalan Sehat ...

Warga Banjarsari Lakukan Aksi Bersih Pantai dan Gerak Jalan Sehat di Pantai Darmo Probolinggo bersama KKP

LIPUTAN BANDUNG– KKP bersama nelayan Desa Banjarsari Kec. Sumber Asih Kab. Probolinggo menggerakkan lebih dari 300 orang di pesisir Pantai Darmo Banjarsari yang terdiri dari para nelayan, masyarakat, pemuda, prlajar, OPD, Forkopimda untuk bersama sama melakukan aksi Bersih Pantai, Laut dan lingkungan sekitar dari sampah plastik.

Acara bersih pantai dan laut yang dirangkai dengan acara jalan sehat santai ini dipelopori oleh nelayan Banjarsari sebagai rangkaian acara Petik Laut, mulai dari jalan sehat santai, bersih pantai dan laut, balap perahu, yang ditutup dengan sedekah laut.

Haji Budi selaku tokoh pemuda dan masyarakat Desa Banjarsari memiliki visi yang kuat untuk menjadikan acara petik laut sebagai budaya bersama nelayan dan masyarakat pesisir di Desa Banjarsari untuk lebih bersyukur dan peduli terhadap laut mereka dari bahaya sampah plastik, yang pastinya akan berdampak terhadap ekosistem dan sumberdaya ikan di laut.

Baca Juga: Syukuran Hari Jadi Komunitas Semut Foto(KSF) ke-12: Semarak Hajat Lembur di Hutan Bambu Udjo Ecoland

Dalam kesempatan tersebut, Suryo Prasojo selaku koordinator aksi menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Probolinggo dan  masyarakat di Desa Banjarsari dalam upaya kampanye dan edukasi peduli sampah laut melalui Event tahunan Petik Laut di pesisir Pantai Darmo.

Dalam kesempatan lain, Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau Pulau Kecil Muhammad Yusuf berharap even tahunan nelayan seperti petik laut dapat terus menjadi tradisi dan aksi konkrit di lapangan dalam mendukung kebijakan ekonomi biru KKP dalam menjaga laut bebas dari sampah plastik dengan menggerakkan nelayan sebagai motor utama sekaligus pelaku sektor kelautan dan perikanan.

Baca Juga: 26 Tahun Rumah Zakat, Bahagiakan 18,2 Juta Penerima Manfaat di Indonesia dan Dunia

Aksi Bulan Cinta Laut yang dilaksanakan melalui pembersihan sampah plastik dirangkaikan dengan Tradisi Petik Laut yang dilaksanakan di Pantai Darmo Desa Banjarsari berhasil mengumpulkan sampah dengan total 588, 38 kg yang terdiri dari  201,85 sampah organik dan 386,53 sampah anorganik.
 

RELATED ARTICLES

Most Popular