Selasa, Mei 28, 2024
BerandaEDUKASIITB Terima 1.950 Calon Mahasiswa Baru dari Jalur SNBP 202426 Maret 2024,...

ITB Terima 1.950 Calon Mahasiswa Baru dari Jalur SNBP 202426 Maret 2024, Berikut Rinciannya

LIPUTAN BANDUNG, Institut Teknologi Bandung (ITB) menerima 1.950 calon mahasiswa baru program sarjana melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024.

Pengumuman kelulusan mahasiswa baru ITB tersebut dapat diakses mulai hari Selasa, 26 Maret 2024, pukul 15.00 WIB, melalui laman https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ atau melalui laman https://snbp.itb.ac.id.

Calon mahasiswa yang diterima di ITB melalui SNBP 2024 tersebut sudah mewakili calon mahasiswa yang berasal dari 28 provinsi di Indonesia.

Baca Juga: MBA ITB Entrepreneurship Berikan Coaching Clinic Kepada UMKM Jabar 2024 Batch 11 di Amphi Theater 2 MBA ITB

Di antara 1.950 orang calon mahasiswa yang diterima di ITB tersebut, terdapat 187 orang calon mahasiswa yang merupakan calon penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K).

ITB kampus Cirebon menerima 54 asal Cirebon dan sekitarnya dari 207 total mahasiswa baru ITB kampus Cirebon yang diterima melalui SNBP 2024, atau sekitar 26.1%.

Jumlah tersebut telah termasuk para mahasiswa yang diterima di 3 program studi baru di ITB Kampus Cirebon, yaitu program studi Biologi, Desain Produk, dan Kewirausahaan. Hal ini sejalan dengan misi pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul, akses dan pemerataan pendidikan tinggi, serta mendorong pengembangan kawasan dan percepatan pembangunan, terutama di daerah Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan, dan sekitarnya.Dari 1950 orang calon mahasiswa yang diterima melalui melalui SNBP 2024, perbandingan jumlah mahasiswa dan mahasiswi yang diterima ITB adalah sebesar 46:54.

Sedangkan distribusi penerimaan berdasarkan pilihan fakultas/sekolah adalah sebagai berikut: Fakultas/Sekolah Diterima
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam – Matematika 94 , Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam – IPA 152, Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati – Sains 62, Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati – Rekayasa 135, Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati – Kampus Cirebon 15, Sekolah Farmasi 67, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian – Kampus Ganesa 165, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian – Kampus Cirebon 27, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan – Kampus Ganesa 144, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan – Kampus Cirebon 75, Fakultas Teknologi Industri – Sistem dan Proses 142, Fakultas Teknologi Industri – Rekayasa Industri 56, Fakultas Teknologi Industri – Kampus Cirebon 30, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika – Rekayasa 95, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika – Komputasi 118, Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara 124, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan – Infrastruktur Sipil dan Kelautan 111, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan – Teknologi Lingkungan 75, Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan – Kampus Ganesa77, Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan – Kampus Cirebon 30, Fakultas Seni Rupa dan Desain – Kampus Ganesa 86, Fakultas Seni Rupa dan Desain – Kampus Cirebon 15, Sekolah Bisnis dan Manajemen 40, Sekolah Bisnis dan Manajemen – Kampus Cirebon 15, Jumlah 1.950.

Adapun total pendaftar SNBP ke ITB tahun 2024 adalah 15.894 siswa. Kegiatan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus SNBP 2024 di ITB akan dilaksanakan pada tanggal 1 – 5 April 2024 secara daring.

Informasi mengenai pelaksanaan dan persyaratan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB tersebut dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/info/hasil-seleksi/. Calon mahasiswa ITB lulusan SNBP 2024 diharapkan untuk memperhatikan secara seksama, informasi mengenai tata cara dan persyaratan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru di laman tersebut.

Setelah melaksanakan proses Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB, seluruh mahasiswa ITB lulusan SNBP diharuskan untuk mengikuti kegiatan Sukses Belajar Matematika dan Sains Dasar, Perkuliahan Pancasila, serta rangkaian kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru ITB. Kegiatankegiatan tersebut bersifat wajib dan akan dipusatkan di ITB Kampus Jatinangor. Mahasiswa dimohon untuk selalu memperhatikan jadwal dan informasi terbaru di laman https://akademik.itb.ac.id. Selain melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), ITB juga menerima mahasiswa baru program sarjana melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Kedua jalur seleksi tersebut dilaksanakan secara nasional oleh Lembaga Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). Namun demikian, ITB juga menyelenggarakan program penerimaan mahasiswa baru secara mandiri, melalui program Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) dan ITB International Undergraduate Program (ITB IUP).

Informasi mengenai seluruh jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru program sarjana ITB tersebut dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/. Sesuai dengan informasi yang disampaikan oleh Lembaga Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), para siswa yang dinyatakan tidak lulus SNBP 2024, masih mendapatkan kesempatan untuk mengikuti SNBT 2024. Pendaftaran calon peserta Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) dan SNBT 2024 dapat dilaksanakan di laman https://portalsnpmb.bppp.kemdikbud.go.id/, mulai tanggal 21 Maret – 5 April 2024.

Sementara pelaksanaan UTBK SNBT akan diselenggarakan pada tanggal 30 April dan 2 – 7 Mei 2024 (gelombang 1), serta tanggal 14 – 20 Mei 2024 (gelombang 2). Informasi lengkap mengenai pendaftaran UTBK dan SNBT 2024 dapat diperoleh di laman https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/. Sebagai informasi tambahan, seluruh mahasiswa baru program sarjana ITB tahun akademik 2024/2025 dari seluruh jalur seleksi penerimaan mahasiswa, akan melaksanakan pendidikan tahun pertamanya di ITB Kampus Jatinagor.

Oleh karena itu, ITB mengimbau agar seluruh calon mahasiswa yang akan atau telah melakukan proses pendaftaran ulang mahasiswa baru, serta akan mempersiapkan tempat tinggal, dapat selalu mengikuti berita-berita terkini melalui laman https://akademik.itb.ac.id, serta melalui Instagram @akademikitb atau @itb1920.Narahubung:Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat ITB Dr. Naomi Haswanto, M.Sn.(+62 812-2158-8952)

RELATED ARTICLES

Most Popular