Selasa, Mei 28, 2024
BerandaJAWA BARATHALALBIHALAL PROVINSI JABAR, Bey Machmudin: Jaga dan Perkuat Nilai-Nilai Kearifan Lokal

HALALBIHALAL PROVINSI JABAR, Bey Machmudin: Jaga dan Perkuat Nilai-Nilai Kearifan Lokal

LIPUTAN BANDUNG– Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), kepala daerah, tokoh Jabar serta tamu undangan mengikuti acara Silaturahmi Halalbihalal Idulfitri 1445 Hijriah Tingkat Provinsi Jabar di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (18/4/2024).

Pada kesempatan itu, Bey mengingatkan sebagai warga Jawa Barat sudah selayaknya memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan memperkuat nilai-nilai kearifan lokal seperti yang terkandung dalam peribahasa Sunda, yaitu _silih asih, silih asah, dan silih asuh_.

“Pesan dari peribahasa Sunda harus kita maknai dan senantiasa menjadi landasan dalam setiap interaksi dan hubungan kita semua. Jadikan momen ini ajang untuk mempererat tali persaudaraan dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya saling mendukung dan saling membantu satu sama lain,” ujar Bey.

Baca Juga: Sekda Herman Suryatman: Pengelolaan Masjid Raya Al Jabbar Dievaluasi Menyeluruh

“Dengan begitu kita akan mampu menghadapi segala tantangan dan rintangan dengan lebih tegar dan kokoh,” sambungnya.

Peribahasa yang kedua, sebut Bey, _tata titi duduga_, mengajarkan pentingnya memiliki tata krama yang baik dalam berinteraksi, ketepatan dalam tindakan serta memiliki kebijaksanaan dalam pengambilan keputusan.

“Dengan menghayati peribahasa ini kita akan mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan lebih baik dan efektif sehingga sebelum mengambil langkah-langkah tertentu, pemimpin harus mempertimbangkan dampaknya terhadap semua pihak yang terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung,” ungkapnya.

Dengan begitu Bey ingin memastikan bahwa langkah yang diambil dari setiap keputusan sesuai dengan norma etika dan hukum yang berlaku.

“Mari kita gunakan momentum Idulfitri untuk merefleksikan dan memperbaiki diri kita agar mampu meningkatkan kualitas hubungan dengan sesama serta meningkatkan kontribusi kita dalam membangun Jabar yang lebih baik dan maju,” tuturnya.

Terakhir Bey menyampaikan terima kasihnya atas dedikasi dan kerja keras juga dukungan pimpinan dan anggota DPRD Jabar, Kapolda Jabar, Pangdam III Siliwangi, Kajati Jabar, seluruh bupati dan wali ikota, pejabat dan seluruh pegawai lingkup Provinsi Jabar, Pramuka, PMI, relawan serta masyarakat dalam mengawal kegiatan selama Idulfitri, dimulai dengan arus mudik hingga balik.

“Semoga kerja sama dan kebersamaan kita yang telah terjalin dapat terus diperkuat. Kiranya keberkahan dan keceriaan selalu menyertai langkah kita ke depan. Selamat Idulfitri 1445 Hijriah, nohon maaf lahir dan batin,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES

Most Popular