Minggu, September 8, 2024
BerandaTRAVELINGLezatnya Bubur Cianjur di Bandung dengan Harga Terjangkau: Bucir Mamah Endar dengan...

Lezatnya Bubur Cianjur di Bandung dengan Harga Terjangkau: Bucir Mamah Endar dengan Sambal Ijo Andalan

LIPUTAN BANDUNG– Selain nasi kuning dan kupat tahu, bubur ayam merupakan menu wajib sarapan bagi warga Bandung. Di Bandung masih jarang yang menyajikan bubur Cianjur yang punya ciri khas penambahan kuah kuning di atas bubur seperti Bucir Cianjur Mamah Endar.

Bucir alias Bubur Cianjur Mamah Endar, adalah salah satu destinasi jajan bubur yang baru dibuka dua bulan belakangan di dalam Kamii Bandung, Jalan Dr. Hatta No. 6. Harganya terjangkau, yakni Rp 12.000 per porsi.

Seporsi bubur Cianjur bucir Mamah Endar terdiri dari bubur bertekstur lembut dan kental, dengan pelengkap sayur kuning bawang daun, kacang kedelai, emping dan kerupuk bawang, ayam suwir, seledri dan bawang Sumenep, serta kecap asin khas Cianjur.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Makan di Bandung, Warung Nasi Toeang: Pengalaman Bersantap Nostalgia serasa di Rumah Sendiri

Sayur kuning bawang daun menjadi kunci hidangan ini, karena gurihnya pas di lidah. Di Cianjur, kuah semacam ini disebut juga sebagai pepes bawang daun. Jangan lupa menyantap bucir Mamah Endar Bandung dengan sambal ijo yang segar dan pedas.

Rasa gurih yang ditonjolkan, juga semakin diperkuat dengan kecap asin yang langsung didatangkan dari Cianjur. Sang pemilik, Taofik Rachman (36), mengatakan bahwa dirinya sudah berkali-kali mencoba kecap produksi massal maupun kecap dari daerah lain. Akan tetapi rupanya, hanya kecap asin cap Patkwa Padi asal Cianjur yang berjodoh dengan bubur Cianjur buatannya.

“Agar makin pas rasanya. Kalau di Bandung kan cita rasa kecapnya manis,” ujar Taofik, ketika ditemui di Bucir Mamah Endar, Senin (8/7/2024).

Selain dinikmati dengan sate telur puyuh, usus, dan ati ampela, Bucir Mamah Endar juga menawarkan cara unik menikmati bubur ayam. Yakni, dengan telur asin. Siapa sangka, kedua panganan yang berciri khas gurih tersebut begitu nge-blend dinikmati bersama di lidah.

Baca Juga: Hotel Indigo Hadir di Dataran Tinggi Bandung yang Indah, Jelajahi warisan budaya Sunda dan keindahan alam yang menawan di Dago Pakar

Tak hanya dinikmati orang untuk sarapan, bucir ini juga dicari orang ketika siang hingga malam hari. Posisinya kini tak hanya sebagai makanan orang sakit, melainkan lebih dari itu.

“Pelanggan di sini kebanyakan adalah pekerja atau mahasiswa, karena tempatnya juga enak untuk nongkrong berlama-lama, jauh dari keramaian dan suasananya yang adem,” katanya. Tagar #ngebuburdicafe menjadi andalan Taofik, untuk mencerminkan bucir yang “naik kelas”.

Taofik menyebutkan, Bucir Mamah Endar sebenarnya adalah resep turunan dari kedua orang tuanya yang lebih dulu berjualan bubur sejak 1995, yakni Mamah Endar dan Papah Asep. Keduanya mulai berjualan bubur di teras rumah, saat tinggal di BTN Sabandar Permai Cianjur.

Status rumah yang kontrak, membuat bucir Mamah Endar berjualan berpindah-pindah tempat. Hingga pada akhirnya, setahun lalu keduanya memutuskan untuk pensiun berjualan bubur. Usaha itu kemudian diteruskan oleh ketiga putra mereka, salah satunya Taofik.***

RELATED ARTICLES

Most Popular