Selasa, Mei 28, 2024
BerandaNASIONALRESMI! Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 1445 Hijriah 2024 Masehi jatuh pada hari...

RESMI! Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 1445 Hijriah 2024 Masehi jatuh pada hari Selasa tanggal 12 Maret 2024

LIPUTAN BANDUNG- Pemerintah melalui Kementerian Agama telah menetapkan awal puasa atau 1 Ramadhan 1445 Hijriah/2024 Masehi jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024, setelah diputuskan dalam Sidang Isbat di Gedung Kemenag RI, Jakarta, pada Minggu.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan, “Hasil Sidang Isbat menetapkan 1 Ramadhan 1445 Hijriah jatuh pada hari Selasa,” dalam konferensi pers yang dipimpinnya.

Dengan penetapan 1 Ramadhan 1445 Hijriah pada hari Selasa 12 Maret 2024 ini, umat Islam di Indonesia dapat melaksanakan Shalat Tarawih pada malam Senin. Sidang isbat ini dihadiri oleh perwakilan organisasi keagamaan, ahli astronomi, Komisi VIII DPR RI, dan perwakilan negara sahabat.

Baca Juga: Selamat Kepada Andy Dwi Tjahyo sebagai Pemenang Utama 1st Grey Annual Award 2024, Kompetisi Seni Rupa Inisiasi Grey Art Gallery

Pengumuman penetapan dilakukan secara daring dan luring, memungkinkan masyarakat untuk menyaksikannya melalui media sosial resmi Kemenag.

Sidang isbat dimulai pada Minggu pukul 17.00 WIB dengan paparan terbuka mengenai posisi bulan sabit baru (hilal) berdasarkan data astronomi. Pertimbangan dalam sidang ini mencakup hasil perhitungan hisab dan konfirmasi lapangan melalui rukyatul hilal.

Kegiatan dilanjutkan dengan Shalat Maghrib berjamaah sebelum dilakukan sidang tertutup. Hasilnya kemudian diumumkan melalui konferensi pers.

Sementara itu, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan awal Ramadhan pada Senin (11/3), berbeda dengan keputusan pemerintah. Perbedaan ini bukan disebabkan oleh metode hisab dan rukyat, melainkan kriteria yang dipedomani oleh tiap organisasi Islam, termasuk pemerintah.

Muhammadiyah menggunakan kriteria wujudul hilal, sedangkan Nahdlatul Ulama dan beberapa organisasi keagamaan lainnya di Indonesia menggunakan kriteria imkan rukyat (visibilitas hilal).

Baca Juga: Hotel De Braga by Artotel Bandung Hadirkan Paket Buka Puasa 2024 dengan Tema Rasa Nusantara Konsep All You Can Eat, Inilah Harga Paketnya

Pemerintah, melalui Kementerian Agama, memakai kriteria MABIMS yang disepakati oleh Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Singapura, dan Malaysia. Kriteria ini menetapkan tinggi bulan minimal 3 derajat dan elongasi bulan minimal 6,4 derajat.

RELATED ARTICLES

Most Popular