Selasa, Oktober 22, 2024
BerandaNASIONALInilah Daftar Pimpinan Negara yang Akan Hadiri Pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, Salah...

Inilah Daftar Pimpinan Negara yang Akan Hadiri Pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, Salah Satunya Wapres China

LIPUTAN BANDUNG – Sejumlah pemimpin negara terkemuka mulai berdatangan ke Indonesia menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, yang dijadwalkan berlangsung di Gedung DPR RI, Jakarta, Minggu 20 Okrober 2024.

Kedatangan tamu kenegaraan ini menandai dimulainya rangkaian acara pelantikan pemimpin baru Indonesia periode 2024—2029 yakni Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Hingga Sabtu 19 Oktober 2024, sebanyak 12 pemimpin negara telah tiba di Indonesia untuk menghadiri pelantikan Presiden Prabowo Subianto. Di antara yang terbaru adalah Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim, yang mendarat di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma sekitar pukul 18.00 WIB.

Baca Juga:Indeks Keterbukaan Informasi Publik Jabar 2024 Meningkat

Ia disambut oleh Menteri Investasi/Kepala BKPM Rosan Roeslani. Sementara itu, Wakil Perdana Menteri Selandia Baru, Winston Peters, juga tiba di Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 18.20 WIB, disambut oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Sebelumnya, beberapa tamu kenegaraan yang juga telah tiba adalah Perdana Menteri Kamboja, Hun Manet, Wakil Presiden China, Han Zheng, dan Sultan Brunei Darussalam, Sultan Hassanal Bolkiah. Selain itu, hadir pula Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao, Perdana Menteri Serbia, Miloš Vučević, serta Perdana Menteri Vanuatu, Charlot Salwai Tabimasmas.

Beberapa wakil kepala negara yang turut hadir termasuk Wakil Presiden Vietnam, Vo Thi Anh Xuan, Wakil Perdana Menteri Qatar, Dr. Khalid bin Mohamed Al-Attiyah, Wakil Presiden Laos, Pany Yathotou, dan Wakil Pertama Perdana Menteri Rusia, Denis Manturov.

Baca Juga:HUT 101 RSHS Bandung: Bey Machmudin Harap RSHS Tingkatkan Layanan Kesehatan kepada Masyarakat

Ketua MPR RI, Ahmad Muzani, mengungkapkan bahwa sebanyak 33 negara telah mengonfirmasi kehadiran perwakilannya dalam acara pelantikan Prabowo-Gibran.

Tamu-tamu ini terdiri dari negara-negara sahabat, termasuk dari kawasan ASEAN dan negara mitra lainnya.

Untuk memastikan kelancaran dan keamanan acara ini, Polda Metro Jaya telah menyiapkan 6.757 personel.

Baca Juga:Gubernur Suzuki Yasutomo Undang Pemuda Jawa Barat Kuliah di Shizuoka Jepang

Sementara itu, pihak TNI juga mengerahkan 100.000 personel untuk turut mengamankan jalannya pelantikan kenegaraan ini.

RELATED ARTICLES

Most Popular