Minggu, September 8, 2024
BerandaEDUKASIFIKOM UNPAM Gelar Kegiatan Pembekalan Kompetensi Mahasiswa Melalui Workshop Progam...

FIKOM UNPAM Gelar Kegiatan Pembekalan Kompetensi Mahasiswa Melalui Workshop Progam Studi Ilmu Komunikasi (WOPSI)

LIPUTAN BANDUNG– Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pamulang menyelenggarakan Workshop Progam Studi Ilmu Komunikasi (WOPSI) secara Blended pada tanggal, 12 Mei, 20 Mei dan 30 Juni 2024.

Acara Workshop Progam Studi Ilmu Komunikasi (WOPSI) Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pamulang ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan beberapa kompetensi kepada mahasiswa agar memiliki nilai yang lebih bermanfaat serta siap untuk dilepas kampus pada dunia kerja setelah menjadi lulusan.

Tema utama acara Workshop Progam Studi Ilmu Komunikasi (WOPSI) Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pamulang ini adalah “KOMUNIKASI KREATIF DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS”.

Baca Juga: Dosen dan Mahasiswa Fikom UNPAM Gelar Kegiatan PKM di Kelurahan Ciater Serpong Tangerang Selatan

Melalui tema ini, diharapkan mahasiswa dapat memahami bagaimana cara menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dengan keratif demi membangun dan menciptakan sebuah brand awareness.

Cerdas dan kreatifnya seorang individu dalam cara dia membangun sebuah brand awareness tentunya harus tetap diawali dengan melakukan riset dan kemudian mengambil langkah apa yang harus dilakukan untuk mengeksekusi idenya.

Acara Workshop Progam Studi Ilmu Komunikasi (WOPSI) Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pamulang ini dalam prosesinya tentu saja dihadiri oleh berbagai praktisi pada bidangnya.

Adapun beberapa praktisi dan juga menjadi coach mahasiswa dalam melakukan kegiatan Workshop Progam Studi Ilmu Komunikasi (WOPSI) ini adalah Annesa Nariswari Kirana,S.H., M.M., Haryo Windratno, S.PT., M.Si., Kevin Pratama,S.Kom., Seno Pramuadji, S.Sos.

Baca Juga: Fakultas Ilmu Komunikasi UNPAM Jalin Kerjasama dengan Fakultas Ilmu Komunikasi UMB

Acara Workshop Progam Studi Ilmu Komunikasi (WOPSI) diselenggarakan secara blended (online dan offline).

Acara ini dirancang sebagai forum interaktif yang melibatkan Narasumber dan peserta , melalui tiga rangkaian besar di dalamnya yaitu pemaparan materi, sharing ilmu kepada mahasiswa FIKOM program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pamulang, dan kemudian membagi mahasiswa menjadi beberapa kelompok untuk membuat sebuah project.

Adapun pembagian secara rinci ketiga rangkaian acara tersebut adalah sebagai berikut :

1.Pemaparan mengenai “Komunikasi Kreatif dalam Membangun Brand Awareness” : Praktisi atau coach dari lembga InsCinema menyampaikan pemahaman mengenai bagaimana cata menciptakan komunikasi kreatif dalam membangun Brand Awareness masa era digital sekarang.

2.Sharing Ilmu terkait Tema WOPSI: Peserta diajak untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan terkait tema “Komunikasi Kreatif dalam Membangun Brand Awareness”.

3. Membuat Project Komunikasi Kreatif dalam Membangun Brand Awareness : Peserta yang terdiri dari mahasiswa FIKOM Program Studi Ilmu Komunikasi diajak untuk membentuk kelompok untuk menciptakan sebuah project yang berkaitan dengan tema acara.

Baca Juga: Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNPAM Kunjungi NET TV, Rini Dianti Fauzi: Menyimak Industri Media Penyiaran dari Dekat

Adapun project yang dibuat nantinya akan dinilai oleh para pemateri dan diberikan masukan serta tambahan.

Melalui acara Workshop Progam Studi Ilmu Komunikasi (WOPSI) Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pamulang ini, diharapkan mahasiswa dapat lebih kreatif dalam menciptakan dan membangun sebuah brand awareness pada era digital saat ini agar lebih mudah terserap dalam kehidupan industri kerja setelah menjadi lulusan.

“Menurut saya, para mahasiswa/i UNPAM sangat antusias sekali thp Wopsi. Hal ini bagus ya karena dengan adanya Wopsi, diharapkan mahasiswa/i semakin melek dan pintar dalam penggunaan media sosial. Terlihat dari respon dan feedback mahasiswa/i UNPAM ini sangat variatif dan responsive” ungkap Seno pemateri WOPSI.

Penulis : Rifky Maulana, S.I.Kom., M.I.Kom
Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi
Universitas Pamulang

RELATED ARTICLES

Most Popular