Selasa, Juli 23, 2024
BerandaEDUKASIDosen dan Mahasiswa Fikom UNPAM Gelar Kegiatan PKM di Kelurahan Ciater...

Dosen dan Mahasiswa Fikom UNPAM Gelar Kegiatan PKM di Kelurahan Ciater Serpong Tangerang Selatan

LIPUTAN BANDUNG– Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pamulang menyelenggarakan acara Pengabdian Kepada Masyarakat Pada hari Selasa, 31 Mei 2024, di kelurahan Ciater, kecamatan Serpong, kota Tangerang Selatan.

Acara Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pamulang di kelurahan Ciater, kecamatan Serpong, kota Tangerang Selatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya menjadi masyarakat yang cerdas dan bijak dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Tema utama acara pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang ini adalah “EDUKASI MENUJU MASYARAKAT YANG CERDAS DAN BIJAK DALAM PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI KELURAHAN CIATER, KECAMATAN SERPONG, TANGERANG SELATAN”.

Baca Juga: Fakultas Ilmu Komunikasi UNPAM Jalin Kerjasama dengan Fakultas Ilmu Komunikasi UMB

Melalui tema ini, diharapkan masyarakat dapat memahami bagaimana cara menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dengan lebih bijak.

Cerdas dan bijaknya cara masyarakat dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi tentunya akan memiliki dampak yang signifikan dalam membentuk identitas, nilai, dan perilaku masyarakat itu sendiri.

Acara Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pamulang di kelurahan Ciater, kecamatan Serpong, kota Tangerang Selatan ini ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Lurah Ciater , Sekretaris Lurah, serta masyarakat Kellurahan Ciater.

Baca Juga: Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNPAM Kunjungi NET TV, Rini Dianti Fauzi: Menyimak Industri Media Penyiaran dari Dekat

Acara diselenggarakan di ruang Aula Kelurahan Ciater, dan tampak ibu-ibu serta Bapak-bapak Kelurahan Ciater dengan semangat menghadiri kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Acara ini dirancang sebagai forum interaktif yang melibatkan Narasumber dan peserta , melalui tiga rangkaian besar di dalamnya yaitu pemaparan materi, sharing ilmu kepada masyarakat Kelurahan Ciater, dan kemudian dilanjutkan ke sesi tanya jawab. Adapun pembagian secara rinci ketiga rangkaian acara tersebut adalah sebagai berikut :

1.Pemaparan Perkembangan teknologi informasii: Dosen Prodi Ilmu Komunikasi menyampaikan pemahaman mengenai evolusi perkembangan teknologi setiap zaman hingga ke masa era digital sekarang.
2.Sharing Ilmu terkait Tema PKM: Peserta diajak untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan terkait tema Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang telah dilakukan oleh Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pamulang dan bertujuan untuk menginspirasi dan memberikan contoh nyata tentang bagaimana pengabdian masyarakat dapat memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat.
3. Diskusi dan Tanya Jawab: Peserta diajak untuk berdiskusi aktif dan bertanya tentang topik yang telah disampaikan. Diskusi ini menjadi momentum bagi para peserta untuk berbagi pemikiran, ide, dan pengalaman mereka sendiri terkait tema acara. Pertanyaan mengenai bagaimana cara menjadi pribadi yang lebih cerdas dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, bagaimana memanfaatkan sosial media sebaik mungkin, bagaimana menjadi msyarakat yang tinggi literasi, dan hingga aplikasi apa saja yang dapat membantu masyarakat untuk mengembangkan sebuah bisnis kecil dari sosial media.

Melalui acara PKM Fakultas Ilmu Komunikasi UNPAM ini, diharapkan masyarakat dapat lebih cerdas dan juga bijak dalam pemanfaatan teknologi informasi yang ada dan selalu berkembang di tengah kehidupan masyarakat.

Baca Juga: Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Kota Bandung, Senin 1 Juli 2024, Ini Persyaratan Lengkapnya

Diharapkan juga bahwa kerjasama antara universitas, pemerintah lokal, dan organisasi masyarakat dapat terus ditingkatkan untuk menciptakan dampak positif yang lebih besar bagi pembangunan sosial dan ekonomi di tingkat lokal.

Pengabdian Kepada Masyarakat seperti ini menunjukkan komitmen Universitas Pamulang untuk berkontribusi secara nyata dalam pembangunan masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki.

Semoga acara ini menjadi awal yang baik bagi upaya-upaya pengabdian yang lebih luas dan berkelanjutan di masa depan.

Dalam menjalankan fungsi Tridharma Perguruan Tinggi maka sebagai seorang dosen berkewajiban melaksanakan, pengajaran , penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Melalui Tri Dharma, setiap dosen akan memiliki semangat tinggi untuk mengupgrade ilmu pengetahuan yang dimiliki. Supaya implementasi dari Tri Dharma tersebut bisa terus memenuhi tuntutan zaman.

Dosen pun kemudian bisa ikut berkembang dengan kekayaan ilmu yang dimilikinya selama menekuni profesi dosen

Penulis : Diah Tri Andini, S.I.Kom., M.I.Kom
Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi
Universitas Pamulang

RELATED ARTICLES

Most Popular