Selasa, Juli 23, 2024
BerandaEDUKASIMahasiswa Ilmu Komunikasi UNPAM Kunjungi NET TV, Rini Dianti Fauzi: Menyimak Industri...

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNPAM Kunjungi NET TV, Rini Dianti Fauzi: Menyimak Industri Media Penyiaran dari Dekat

LIPUTAN BANDUNG– Sebanyak 40 mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Pamulang (UNPAM) didampingi oleh dua dosen, yaitu Widayat Noeswa, S.Sos., M.Si. dan Rini Dianti Fauzi, S.IP.,M.I.Kom , mengadakan kunjungan industri ke stasiun televisi – Net TV yang dikenal dengan berbagai program unggulannya.

Setibanya di Net TV, rombongan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Pamulang (UNPAM) disambut dengan hangat oleh tim Public Relations Net TV.

Tur dimulai dengan mengunjungi ruang studio NET TV yang digunakan untuk program populer seperti “Tonight Show” dan “Ini Talk Show”. Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Pamulang (UNPAM) diberikan kesempatan untuk melihat langsung bagaimana setting studio dibuat dan bagaimana tim produksi bekerja di balik layar.

Baca Juga: Ikom Universitas Pamulang Gelar PKM Sosialisasi Budaya Organisasi untuk Membangun Citra Masyarakat di Kelurahan Pakulonan Serpong Tangerang Selatan

Penjelasan mendetail mengenai pencahayaan, penataan kamera, hingga penggunaan properti studio NET TV memberikan wawasan berharga bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Pamulang (UNPAM) tentang produksi program televisi.

Selanjutnya, rombongan Universitas Pamulang (UNPAM) mengunjungi Master Control Room (MCR), pusat pengendalian utama untuk semua siaran di Net TV.

Di sini, mahasiswa Universitas Pamulang (UNPAM)
dapat melihat bagaimana teknisi mengontrol dan memonitor siaran langsung, memastikan semuanya berjalan lancar tanpa hambatan teknis.

Baca Juga: Sembilan Dosen ARS University Dapatkan Pendanaan Hibah Penelitian

Penjelasan mengenai fungsi-fungsi alat di MCR seperti switcher, audio mixer, dan server penyimpanan memberikan gambaran yang jelas tentang betapa kompleksnya proses penyiaran.

Tak hanya itu, mahasiswa juga diperkenalkan dengan berbagai alat canggih yang digunakan dalam produksi televisi, seperti Jimmy Jib, kamera dengan lensa panjang yang dapat digerakkan secara fleksibel, hingga steadycam yang memberikan hasil gambar yang stabil meski dalam kondisi bergerak.

Puncak dari kunjungan ini adalah ketika mahasiswa diundang untuk hadir dan terlibat langsung dalam program “Main Hakim Sendiri” yang tayang live pada pukul 21.00 WIB.

Program “Main Hakim Sendiri” di NET merupakan sebuah konten sketsa komedi yang menghadirkan suasana persidangan, lengkap dengan pimpinan sidang, penuntut, pembela, maupun saksi, korban, dan tersangkanya.

Baca Juga: SBM ITB Bekerja Sama dengan 11 Mitra untuk Berikan Dampak Sosial yang Lebih Luas

Mereka dapat menyaksikan secara langsung bagaimana sebuah acara live diproduksi, mulai dari persiapan pra-siaran, proses siaran, hingga evaluasi pasca-siaran.

Beberapa mahasiswa bahkan mendapat kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan host dan tim produksi, memberikan pengalaman praktis yang tak terlupakan.

Kunjungan ini tidak hanya memperkaya wawasan mahasiswa tentang industri media, tetapi juga memberikan inspirasi dan motivasi bagi mereka yang bercita-cita untuk terjun ke dunia penyiaran dan produksi televisi. Rini Dianti Fauzi, S.IP.,M.I.Kom mengatakan, Pengalaman ini sangat berharga bagi mahasiswa kami.

“Mereka tidak hanya belajar teori di kelas, tetapi juga melihat langsung bagaimana teori tersebut diaplikasikan di lapangan, “katanya.

Semoga kunjungan ini menjadi awal dari kolaborasi lebih lanjut antara UNPAM dan Net TV, serta membuka peluang lebih banyak bagi mahasiswa untuk belajar dan berkontribusi di industri media.

Penulis : Rini Dianti Fauzi , S.IP.,M.I.Kom
Dosen Ilmu Komunikasi
Universitas Pamulang
.

RELATED ARTICLES

Most Popular